Nokia 6700 Classic

December 17, 2009 at 4:47 am Leave a comment

Seperti Nokia klasik lainnya, Nokia 6700 Classic membawa ciri khas nilai-nilai kesederhanaan melalui fisiknya yang minimalis. Namun ketika berada dalam genggaman, Anda akan mengangguk setuju bahwa si klasik yang satu ini adalah hape yang memiliki cita rasa kelas atas.

Sebenarnya satu tahun lalu, Nokia pernah meluncurkan satu senjata classic-nya untuk mengisi kelas premium ini, yaitu 6220c. Sekarang harganya sudah menyentuh Rp 2,8 jutaan. Tapi hape yang juga berbentuk candy-bar ini kurang sukses menembus pasar. Padahal sudah memiliki fitur dan sistem perangkat lunak paling lengkap dibanding hape-hape keluarga Nokia classic lainnya. Demikian juga, 6700c dijual sedikit lebih mahal tapi tetap saja tidak dipersenjatai fasilitas selengkap 6220c.

Lantas di mana bagusnya 6700c kalau tidak juga lebih canggih? Pertanyaan ini muncul juga di kepala Sinyal ketika pertama kali menjumpai hape ini. Bahkan apabila kita mempertimbangkan faktor harga, dengan modal Rp 3 jutaan bisa saja melirik E63 atau salah satu Nseries atau mungkin hape dari merek lain yang juga banyak menawarkan fitur lebih berkelas.

Tapi ketika bungkus 6700c ini diurai dan tubuhnya bersentuhan langsung dengan telapak tangan, barulah Sinyal tersadar akan sosok si klasik yang satu ini. Dimensinya yang cukup mungil ternyata begitu kokoh. Desainnya memang tidak dikonsep mewah tapi anggun disertai elegan. Dan yang membangunkan rasa penasaran Sinyal adalah bahan casing-nya yang ternyata dari metal. Sementara di bodi belakang terukir tulisan: 5 megapiksel.

Desain dan Tombol
Karena casing terbuat dari bahan metal, bobot hape ini menjadi cukup berat (116,5 gram). Tapi justru pada sisi fisik inilah nilai tawar yang diunggulkan 6700c. Cangkangnya bukan dari logam standar, 6700c rupanya memilih jenis stainless steel yang dipercaya bisa kebal terhadap perubahan suhu dan antikarat. Dari sini kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa hape ini akan memiliki daya tahan ekstra dalam urusan estetika.

Nokia 6700c yang kami uji adalah full-black, hampir sekujur bodi luarnya dipoles warna hitam. Dimensinya cukup mungil dan tipis, hampir seukuran tipe 6300 tapi lebih kompak dan sangat kokoh. Sementara permukaannya yang halus tidak sampai membuatnya licin sehingga mantap dalam genggaman.

Secara keseluruhan, desain hape ini minimalis dengan tombol-tombol yang tersusun sangat rapi. Aura yang didapat adalah kalem dan dewasa dengan balutan warna hitam di sana-sini. Kesan premium sedikit terangkat melalui garis silver di sepanjang bodi samping dan navigasi D-pad di bawah layar.

Tombol-tombol menu dan angka-angka yang terususun di bawah layar menggunakan bahan plastik yang nyaman dalam urusan pencet-pencet. Di bodi samping hanya ditemukan tombol kamera dan volume. Tombol-tombol ini menggunakan bahan alumunium. Kami sedikit kecewa dengan tombol volume yang ternyata cukup keras.

Sementara lubang memori tambahan yang disisipkan di bawah penutup belakang sudah mendukung hotswap, dan untungnya tidak terhalang baterai, jadi untuk mengganti microSD bisa langsung tanpa perlu mematikan hape.

Tapi tunggu dulu, di mana kamera depan? Rupanya 6700c hanya memiliki sebuah kamera di bagian punggung. Artinya, fungsi panggilan videonya ternyata dipangkas.

Layar dan Perangkat Lunak
Hape ini tidak bisa disejajarkan dengan smartphone karena tidak memiliki sistem operasi yang tangguh. Dan seperti yang bisa dilihat pada tabel spesifikasi, 6700c hanya menggunakan platform S40. Seperti yang kita tahu, sistem ini masih menyisakan kelemahan dalam hal mutitasking, meski di sisi lain memiliki keunggulan dalam kecepatan dan stabilitas.

S40 yang ditanamkan pada 6700c adalah edisi keenam. Ini adalah versi paling baru yang juga dipakai oleh 6303c. Ada beberapa peningkatan fitur yang kami rasakan pada platform ini, seperti browser yang sudah mendukung minimap, flaslite 3, menu homescreen, dan fasilitas ‘finds on maps’ untuk mencari koordinat lokasi alamat teman melalui phonebook.

Dalam hal antarmuka, 6700c yang mengadopsi layar TFT 24 bit (16 juta warna) pada 240×320 piksel begitu nyaman di mata karena permukaan layar tersaji dengan tajam dan detil. Tapi sayang tubuhnya yang mungil memaksa ukuran layar harus puas dengan diagonal hanya 2,2 inci.

Multimedia
Ada fasilitas kamera, musik, radio FM dan GPS yang masuk dalam kategori ini. Karena sudah 5 megapiksel, fasilitas memotret menjadi elemen paling penting. Tidak seperti Nokia 5 megapiksel lainnya yang biasa dilengkapi optik jenis Carl Zeiss, 6700c hanya dipersenjatai jenis optik standar dengan lampu flash jenis LED.

Pada siang hari dengan pencahayaan mendukung, gambar hasil bidikannya di atas rata-rata hape berkamera standar umumnya. Kami lebih menyukai hasil foto yang dijepret dari jarak pendek. Pada posisi ini kualitasnya tidak kalah oleh hape-hape dengan optik kenamaan. Sementara lampu penerangnya meski masih jenis LED ternyata mampu menghasilkan kilatan yang juga cukup banyak.

Pada urusan musik kita tidak bisa terlalu berharap pada hape bermotif batang ini. Tidak ada jack audio 3,5mm atau 2,5mm. Jadi headset akan tercolok pada lubang microUSB. Speaker yang menempel di bodi belakang mampu mengeluarkan suara cukup keras tapi tentu saja tidak sebaik seri-seri Xpress Music.

Melalui headset kualitas audio ini menjadi lebih baik, tapi masih saja tidak sebaik hape-hape bergenre musik. Ini terasa pada treble dan bass-nya yang nanggung. Sementara fitur radio sudah didukung RDS dan stereo, tapi anehnya tidak bisa didengarkan tanpa headset.

Fitur GPS telah dilengkapi Nokia Maps jadi bisa langsung pakai. Selain mengandalkan pancaran satelit, fungsi navigasi disokong juga metoda assisted-GPS, pencarian lokasi dengan memanfaatkan sinyal dari operator. Tapi tentu saja cara kedua ini tidak gratis. Melalui beberapa percobaan yang kami lakukan untuk mendapatkan koordinat lokasi, 6700c memerlukan waktu 2 – 3 menit.

Internet dan E-mail
Anda boleh berharap banyak pada layanan online ini. Ada jalur HSDPA dengan lebar bandwidth 10/2 Mbps (uplink/downlink). Kemudian aplikasi browser WebKit yang sudah mendukung format HTML dan minimap, layanan Ovi, facebook, myspace, youtube, flickr, dan sejumlah aplikasi pendukung online lainnya. Kami juga memuji layanan e-mail-nya yang telah disokong oleh e-mail client yang cukup mumpuni. Dengan bermodal username dan password saja kita bisa mengaktivasi e-mail dengan mudah.

Kembali lagi pada diagonal layar yang cuma 2,2 inci. Dengan ukuran ini membuka halaman HTML memang menjadi kurang nyaman. Kami harus menggeser-geserkan kursor untuk melihat semua konten halaman situs.

Tapi dalam urusan akses, hape ini memang sudah terasa cukup cepat, meski 10Mbps masih menjadi investasi masa depan karena harus menunggu kemampuan dari operator .

Kesimpulan
Si klasik yang satu ini masih berkonsep minimalis dengan dimensi fisik yang cukup mungil dan ramping. Karena dibalut casing dari stainless steel, bobotnya jadi cukup signifikan. Sisi positifnya, bahan metal ini tidak akan luruh oleh jaman karena antikarat dan tahan terhadap perubahan suhu. Ketiadaan fasilitas video call memang sangat disayangkan, tapi apakah fungsi ini benar-benar Anda butuhkan?

Sumber: Sinyal

PLUS : Bonus microSD 1GB; casing dari stainless steel; aplikasi-aplikasi untuk online

MINUS : Tidak bisa video call; harga relatif mahal; belum smartphone (tidak ada sistem operasi tangguh)

Rival:
LG KF750
Hape slider ini memiliki desain yang lebih premium. Bobotnya hampir sama dengan 6700c karena sebagian casing-nya yang dibalut bahan metal dan carbon pada bodi belakang. KF750 mendukung juga HSDPA tapi sudah dilengkapi kamera depan untuk video call, sementara kamera utama yang juga berkekuatan 5 megapiksel mampu merekam video pada kecepatan 120fps.

Samsung U900-Soul
Samsung U900 yang juga mengunggulkan desain fisik dikonsep dengan aura elegan. Hape geseran ini mendukung juga HSDPA tapi dengan kapasitas bandwidth 7,2Mbps. Kameranya sudah 5 megapiksel, sayang fungsi rekam video-nya terbatas pada ukuran QVGA.

SPESIFIKASI Nokia 6700 Classic
Dimensi : 109,8x45x11,2 mm
Bobot : 116,5 gram
Baterai : Li-ion 970 mAh
Waktu Bicara : 5 jam
Waktu Siaga : 300 jam
Memori Internal : 170MB
Memori Tambahan : microSD maks. 8GB (hotswappable)
Form Factor : candy-bar
Ringtone : polyphonic 64 channel
Phonebook : sharing memori
Jaringan : HSDPA triband, GPRS/EDGE kelas 32, GSM quadband
Layar : TFT 16 juta warna, 2,2 inci, 240×320 piksel
Konektivitas antar peranti : Bluetooth 2.1 A2DP; USB 2.0
Konektivitas internet : Browser WebKit, WAP 2.0, email (POP/IMAP/SMTP)
Kamera : 5 megapiksel; LED flash; autofocus; timer; multishot; brightness; effect; white balance; video 15 fps@VGA; pictbridge;
Aplikasi : S40 edisi 6; photo editor; musik player; voice recorder; Nokia Maps; alarm; kalender; to-do-list; notes; kalkulator; countdown timer; stopwatch; games (bounce tales, brain champ, seasweeper, snake III); Facebook; myspace; youtube; converter; flikr; Windows live; opera mini; Ovi; world clock.
Isi Paket : Nokia 6700 classic, baterai, CD driver, buku panduan, microSD 1GB, charger
Lain-lain : GPS; A-GPS; radio FM; ambient light sensor; tombol volume; tombol kamera; sinkronisasi dengan Outlook


sumber:kompas

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Huawei Rilis Ponsel QWERTY HSDPA-GPS Fasilitas Handpone Zuamand Modern!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cartoons Myspace Comments

iklan

Cara Baru Dapet Dolar

Uploud disini dapet dolar lo

add ku y..

Yuli Eko

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 26 other followers

yang lagi online

counter
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Video Games Blogs - Blog Rankings

EXTRACT WINRAR MOBILE

BANNER SAHABAT

www.spyrozone.net - Hacking and Computer Security Resources

%d bloggers like this: